Nikmatilah Setiap Proses

Nikmatilah Setiap Proses
Oleh: Gunawan


“Seberat apa pun pekerjaan, itu akan terasa mudah dan ringan bila tak dikerjakan.” Kalimat dalam tanda kutip ini, saya lupa sumbernya darimana. Dari pernyataan atau kalimat tersebut, kita sudah pasti mengetahui makna dan maksudnya. Meskipun tak dijelaskan. Cak Lontong saja tahu, pastinya kita juga tahu dong. Hehehe.

Saya sepakat, bahwa tak ada yang instan kecuali mie instant. Hehehe. Ya, semua pekerjaan pasti butuh proses. Entah itu mudah atau sulit, yang jelas prosesnya pasti ada. Entah itu potong kompas atau berlika-liku ikuti prosedur, semuanya memerlukan proses. Sebab, hasil akhir hanya akan diperoleh manakala telah melewati berbagai proses.

Proses dalam melakukan suatu pekerjaan mestinya harus dinikmati, agar apa yang diusahakan terasa nikmat. Menikmati setiap proses pekerjaan merupakan bagian dari upaya mensyukuri setiap nikmat yang ada. Tak perlulah kita mengeluh dalam melakukan sesuatu, dinikmati saja. Bila bisa dikerjakan dan dituntaskan, maka bersyukurlah. Namun, jika belum sanggup untuk menyelesaikan proses itu, maka jangan terlalu ambil pusing. Dinikmati saja. Yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

Hal seperti ini juga merupakan salah satu prinsip hidup saya. Ya, saya tetap dan akan selalu menikmati setiap proses pekerjaan yang telah dan tengah dilalui. Saya orangnya simpel, tak mau ambil pusing. “Apa pun pekerjaan”, bila saya mampu mengerjakan dan menuntaskannya maka akan saya usahakan sebisa mungkin. Namun, bilamana tak bisa diselesaikan secara tuntas, maka saya cukupkan saja sampai di situ. Ya, mau bagaimana lagi. Kemampuan saya hanya sampai di situ kok.

Jadi, mari kita nikmati setiap proses pekerjaan yang kita lakukan. Jalani apa adanya, tanpa harus direkayasa. Ambil hikmahnya. Insyaallah, berkah.

Wallahu a’lam.


Share This :