Agar Mimpi Tercapai

Agar Mimpi Tercapai
Oleh: Gunawan


Tak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Apalagi kalau hal demikian merupakan sebuah cita-cita. Semuanya, perlu dan butuh kerja keras. Ya, dibutuhkan pengorbanan dan perjuangan ekstra untuk meraihnya. Tanpa usaha, kerja keras, pengorbanan dan/atau perjuangan, maka tak mungkin mimpi tersebut bisa tercapai.

Ambil contoh sederhana, misalnya tentang menulis. Seseorang tak mungkin bisa menghasilkan sebuah tulisan (langsung jadi), bila ia tak pernah menuliskannya. Mustahil bisa menelurkan buku solo, manakala tak pernah mau menulis dan mewujudkannya dari sekarang juga. Susah dipercaya bila ada seseorang yang langsung bisa dan mahir menulis secara tiba-tiba tanpa melalui proses yang namanya belajar (baca: menulis dan terus menulis).


Tak salah jika dikatakan bahwa tak ada hasil tanpa proses. Ya, semuanya butuh proses agar apa yang diinginkan dapat tercapai. Tak boleh kita hanya berdiam dan membisu, menanti hujan rezeki yang tiba-tiba jatuh dari langit. Sebab, itu tak akan mungkin terjadi. Hasil akhir akan tampak, manakala kita pernah berusaha dan bekerja untuk mewujudkannya.

Setelah semua usaha telah kita lakukan, maka bersiap-siaplah untuk memanen hasilnya. Bersiaplah untuk menikmati hasil jerih payah kita. Seperti halnya kata orang, bahwa hasil tak akan pernah mengkhianati proses.

Wallahu a’lam.

Share This :