Mataharinya di Ruang Kelas

Mataharinya di Ruang Kelas
Mataharinya di Ruang Kelas
Oleh: Gunawan


Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan anak didiknya di sekolah. Artinya, bahwa jika gurunya berkualitas dan profesional maka Insya Allah akan lahir anak didiknya yang berkualitas dan profesional pula. Mari kita sama-sama perhatikan ilustrasi berikut ini! Jika kita ibaratkan ruangan kelas dengan segala isi yang ada di dalamnya, termasuk para anak didik adalah tata surya, maka mataharinya adalah guru itu sendiri. Dengan demikian, guru merupakan central di mana seluruh planet berputar mengelilinginya. Ia yang akan membawa suasana terang atau gelap gulita. Ia yang menciptakan iklim dan musim. Dan yang mengatur eskalasi rotasi sehingga dapat bergerak lebih cepat atau lambat adalah dirinya. Semua energi yang ada tidak akan berarti apa-apa di kala ia tidak ada. Sekali lagi, guru merupakan mataharinya.

Oleh karenanya, para guru mestinya harus menyadari betul bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam ruangan kelas sangat tergantung kepadanya. Di saat itulah, guru akan menjadi pusat perhatian para anak didiknya.

Seluruh mata para anak didiknya tertuju padanya. Pakaian yang ia pakai, jenis parfum yang ia pakai, gaya bicaranya di ruang kelas, gerak-geriknya, singkatnya semuanya tak akan lepas dari tatapan mata dan penilaian para anak didiknya.

Oleh karena itu, sangatlah wajar kalau guru disebut sebagai ujung tombak terhadap perubahan para generasi bangsa. Pembentukan karakter para generasi bangsa bergantung pada sosok yang bernama “guru.” Wahai para guru, Andalah mataharinya. Jadilah figur paripurna!

Wallahu a’lam.

Ditulis pada hari Rabu, 1 Februari 2017
Share This :