Berkat Facebook

Berkat Facebook
Berkat Facebook
Oleh: Gunawan

Saya membuat akun facebook pada tahun 2010. Mulanya, saya hanya memanfaatkan akun ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman, khususnya yang berada di kejauhan. Kadang saya hanya memasang/menulis status yang tidak jelas. Pokoknya, saya hanya menggunakannya kepada hal-hal yang kurang bermanfaat. Bertahun-tahun, saya melakukan hal demikian. Saya belum terpikirkan untuk menggunakan ke hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti sebagai media untuk menyebarkan informasi-informasi yang bermutu, menyebarkan ilmu-ilmu, maupun tulisan-tulisan.

Mulailah tahun 2012, saya mencoba berteman dengan beberapa penulis di Indonesia. Dari situ, saya mulai melirik status-status beliau. Luar bisa memang, status-statusnya semua berbobot. Beliau-beliau, selalu meng-update statusnya dengan berbagai tulisan, seperti ungkapan-ungkapan motivasi. Ada juga yang memanfaatkan media tersebut sebagai media dakwah, dan menyebarkan tulisan (seperti artikel singkat, puisi, cerpen).

Berdasarkan berbagai motivasi dan inspirasi dari status facebook beliau-beliau ini, mulailah saya memanfaatkan media tersebut untuk menyebarkan informasi-informasi yang bermanfaat atau sekadar men-share berita-berita dari akun teman-teman yang lain. Sesekali juga saya men-share tulisan-tulisan singkat saya.

Tahun 2016, merupakan tahun yang sangat berharga buat saya. Karena di tahun ini, saya mulai melebarkan sayap untuk mencoba berteman dengan berbagai penerbit di Indonesia. Berkat pertemanan itulah, saya juga bisa menerbitkan dua buah buku karya saya sendiri (karya solo). Andaikata saya tidak berteman denganya, mungkin sampai sekarang saya belum bisa menerbitkan buku tersebut. Padahal, naskahnya saya tulis sejak tahun 2011.

Akhir 2016, saya mengikuti event penulisan buku “Ensiklopedi Penulis Indonesia Jilid 8” oleh Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Alhamdulillah, naskah profil saya lolos dan siap diterbitkan dalam buku “EPI Jilid 8” tersebut. Berkat pertemanan lewat akun facebook juga, Alhamdulillah, saya diterima sebagai keluarga besar Komunitas Aku Bisa Menulis, yang dirintis oleh M. Husnaini. Semua itu berkat facebook. 

Alhamdulillah juga, pada akhir Desember 2016 lalu, saya mulai menyebarkan berbagai tulisan singkat saya, salah satunya lewat facebook. Tentu, dengan harapan, tulisan-tulisan tersebut bisa dibaca dan dinikmati oleh orang lain. Semoga ini menjadi amal jariyah buat saya ke depannya. Aamiin. Sampai sekarang, saya berusaha untuk konsisten menyebarkan setiap apa yang saya tulis setiap harinya. Harapan lain juga, semoga orang-orang yang membaca tulisan saya termotivasi untuk memulai menulis, dan menyebarkan berbagai pengetahuan dan ilmu yang diketahuinya. Sayang, jika hanya dinikmati oleh seorang diri.

Di akhir tulisan ini, saya hanya ingin menyampaikan, mari kita sama-sama memanfaatkan media facebook, whatsapp, line,  atau media lainnya untuk menebar kebaikan. Usahakan untuk tidak memasang/menulis status-status yang tidak bermanfaat, apalagi sampai menyebarkan informasi yang tidak jelas (hoax). Hindari status-status yang bisa menyebabkan kita saling mem-fitnah dan bermusuhan satu sama lain. Karena apa pun yang kita lakukan, semuanya akan kembali kepada diri kita sendiri dan nantinya kita sendiri yang akan mempertanggungjawabkannya. 

Wallahu a’lam.

Ditulis pada hari Kamis, 16 Februari 2017

Share This :