Menjadi Orang Baik dan Teladan Bagi Orang Lain

Menjadi Orang Baik dan Teladan Bagi Orang Lain

Oleh: Gunawan


Menjadi orang baik merupakan dambaan setiap orang. Berbagai cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk menjadi orang yang baik dan selalu menebar kebaikan. Meskipun demikian, namun tidak semua orang mampu melakukan itu. Sebab, ada saja berbagai tantangan, hambatan, dan/atau ujian yang dihadapi.

Tantangan dan ujian tersebut tak mesti datang dari luar. Justru tantangan yang paling berat adalah bersumber dari dalam diri. Melawan hawa nafsu merupakan pekerjaan yang tak mudah. Demikian juga, meski berbagai kebaikan dan motivasi yang datang dari luar, namun bila tak ada kesadaran dalam diri maka sangat sulit untuk menerima masukan tersebut.

Di samping ingin menjadi orang baik, menjadi teladan dan mampu memberikan contoh yang baik dalam kehidupan berkeluarga atau bermasyarakat, juga merupakan harapan kebanyakan orang. Hal seperti ini tentu harus bermula dari dalam diri juga. Maksudnya, bahwa hal semacam ini akan mungkin terjadi, manakala seseorang dalam kesehariannya melakukan suatu kebaikan. Sehingga bisa menjadi panutan orang-orang di sekitarnya.

Jika kita belum mampu memberikan contoh yang baik kepada orang-orang di sekitar kita, maka setidaknya berhentilah untuk memberikan contoh yang buruk kepada mereka. Dengan begitu sedikit demi sedikit kita akan menjadi orang yang baik.

Wallahu a’lam.

Share This :