Aku dan MATRIX SC

Aku dan MATRIX SC
Oleh: Gunawan



Sejak awal aku merantau di kota Makassar, sejak itu pula aku selalu menyibukkan diriku dengan dunia organisasi. Bukan tanpa alasan aku memilih, masuk, dan bergabung di berbagai organisasi. Sebab, bagiku hidup sebagai mahasiswa di kampus tanpa berorganisasi hampa terasa. Apalagi aku jauh-jauh menimba ilmu di pulau seberang. Sangatlah rugi kalau hanya rutinitasku kos-kampus, kampus-kos.  Bersyukur saja kalau dosennya rajin masuk, melakukan apa yang menjadi tugas pokoknya. Bagaimana kalau dosennya sering tak hadir bahkan tanpa alasan apa pun? Sudah pasti rugilah kita. Meskipun tanpa dosen, kita bisa belajar secara mandiri. Tapi, realita di lapangan, tak sedikit mahasiswa yang bosan dan mengeluh bila dosennya tak masuk mengajar.

Harus kukatakan, bahwa sangatlah rugi menjadi mahasiswa kalau tak mau berorganisasi. Sebab, di dalamnya kita bisa belajar banyak hal, yang kadang tak pernah kita temui di ruang kelas. Aku sendiri sudah merasakan itu. Aku adalah tipe orang yang tak suka menyendiri. Selalu ingin berkecimpun dalam dunia organisasi. Selalu ingin mencari teman, siapa pun, dan belajar darinya. Sebab, sekali lagi, di situlah aku banyak belajar dan mendapatkan sesuatu.

Salah satu organisasi yang kuikuti waktu kuliah dulu adalah MATRIX SC. Organisasi eksternal kampus. Bergerak di bidang Matematika. Kegiatannya bermacam-macam. Mengadakan pelatihan dan bimbingan intensif untuk anggota, olimpiade/lomba matematika ke berbagai daerah dan kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan, bakti sosial ke berbagai sekolah dan panti asuhan, dan lain-lain.

Dari kegiatan-kegiatan semacam itulah aku mendapatkan banyak sekali pengalaman. Ya, sedikit banyak pengalaman yang kuperoleh di organisasi tersebutlah yang mewarnai kehidupanku sekarang. Aku bersyukur karena bisa menjadi bagian dari keluarga besar di organisasi tersebut. Aku bisa belajar dari orang-orang yang begitu hebat, orang-orang yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Orang-orang yang bergabung di dalamnya adalah orang-orang yang memiliki semangat belajar yang kuat, memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang sangat tinggi. Itulah yang aku lihat di keluarga besar MATRIX SC.


Bisa dibilang organisasi tersebut sudah begitu matang. Ya, umurnya kini sudah genap sembilan tahun. Tepatnya, pada 8 September 2017. 8 September 2008 merupakan waktu lahirnya organisasi tersebut di alam nyata. Jasanya begitu besar, khususnya buat pribadiku.

Semoga dengan umur yang sudah bertambah ini, tetap membuatmu untuk selalu menebar KEBAIKAN, wahai MATRIX SC. Terus kepakkanlah sayapmu. Engkau selalu ada di hatiku. You are the best.

“Satukan Hati Satukan Jiwa untuk Membangun Matematika.”

Wallahu a’lam.
Share This :