Mencoba Menyusun Buku Solo

Mencoba Menyusun Buku Solo
Oleh: Gunawan


Selama tahun 2017 ini, sama sekali belum ada satu buku solo pun yang saya susun dan lahirkan. Beda dengan tahun sebelumnya, di mana saya berhasil menelurkan dua karya solo.

Di tahun ini, saya lebih fokus berkontribusi dalam karya antologi dari beberapa komunitas dan berbagai event kepenulisan. Juga mencoba membantu menyunting atau mengedit buku teman-teman di salah satu organisasi yang saya ikuti. Padahal tahun ini, saya menargetkan dua buku solo harus selesai ditulis dan diterbitkan.

Barangkali karena terlalu keasyikan berpartisipasi dalam karya antologi sehingga saya lupa menyusun buku solo seperti yang ditargetkan. Itulah mungkin kelalaian saya. Tapi tak masalah, yang lalu biarlah berlalu. Kini, saya harus fokus dan merampungkan naskah yang dimaksud.

Dan, target itu wajib saya tunaikan. Sekarang saya langsung mencoba menyusun dua naskah buku. Bismillah. Satu naskah insyaallah dalam satu sampai dua hari ke depan harus tuntas. Sehingga, secepatnya bisa masuk di dapur Penerbit. Satunya lagi, saya menargetkan paling lama satu pekan kemudian harus selesai ditulis. Semoga tak ada hambatan.

Sengaja memang saya langsung menyusun dua naskah sekaligus, meskipun yang sangat sederhana. Sebab, saya tak mau lagi menjadi pecundang. Tak mau lagi mengingkari terhadap apa yang sudah saya ikrarkan sebelumnya. Oleh karena itu, sekarang saatnya harus betul-betul bisa memenuhi resolusi tersebut.

Wallahu a’lam.

Share This :