Aku dan Laptopku

Aku dan Laptopku
Oleh: Gunawan
 
Ilustrasi
Belum lama memang aku memiliki laptop ini. Aku membelinya akhir September tahun 2016 lalu. Meski demikian, sudah banyak jasanya yang telah diukirkan kepadaku. Terlebih dalam hal membantuku agar tetap konsisten menulis rutin tiap harinya.

Ada yang berbeda memang. Dulu sebelum aku memiliki laptop ini, aku hanya memanfaatkan buku tulis untuk menorehkan berbagai cerita, pengalaman, dan pengetahuan yang kumiliki. Pernah pinjam kiri kanan laptop teman-temanku, di kala mereka tak menggunakannya. Sering juga berkunjung ke warnet. Tujuannya tak lain, yaitu hanya untuk mengabadikan setiap apa yang kudengar, lihat, alami, dan rasakan. Bertahun-tahun, seperti itu yang kulakukan (ketika sedang menimba ilmu di Kota Daeng).

Kini, setelah aku memiliki laptop sendiri, meskipun laptop bekas, aku merasakan hal yang berbeda. Selera menulisku terus meningkat, alhamdulillah. Maksudnya, aku telah mampu menulis rutin tiap hari, walau tak banyak. Barangkali, ini hal yang wajar juga. Sebab, aku tak lagi ragu dan canggung untuk menuangkan berbagai serpihan cerita, pengalaman, dan pengetahuan yang kuperoleh. Ya, itulah salah bentuk kenikmatan yang kurasakan. Jadi, aku tak lagi bersusah payah untuk menulis di buku tulis. Langsung saja aku membuka dan menyalakan laptop. Buku tulis biasanya hanya kumanfaatkan untuk menulis poin-poin penting saja atas apa yang ingin kutulis/ketik nanti di laptop.

Meskipun usianya bersamaku belum lama, namun ia sudah banyak membantuku melahirkan karya demi karya. Ia telah banyak membantu mewujudkan mimpiku. Bersyukur rasanya.

Sampai sekarang, laptop ini masih tetap setia menemaniku. Ibarat sahabat karib. Yang selalu membantuku kala suka maupun duka. Mengikuti setiap langkahku. Membantuku dalam melukiskan sesuatu. Aku berterima kasih padanya. Aku tak ingin mengecewakan dan menyia-nyiakannya. Aku harus mampu memaksimalkan fungsinya.

Wallahu a’lam.
Share This :