Berbuat Baiklah, Sekecil Apa pun

Berbuat Baiklah, Sekecil Apa pun
Oleh: Gunawan


Jangan menganggap remeh suatu kebaikan. Sekecil apa pun pasti akan ada manfaatnya. Tak ada yang sia-sia. Mungkin saja faedahnya tak tampak. Namun, bisa saja berupa suatu perasaan bahagia dan ketenangan dalam jiwa.

Juga, tak mesti dirasakan secara langsung oleh diri kita sendiri manfaatnya. Maksudnya, bila suatu kebaikan yang kita lakukan, kemudian dinikmati oleh orang lain, itu akan jauh lebih bermanfaat lagi. Orang lain akan merasakan manfaat dan bahagia. Pastinya, kita juga akan ikut bahagia.

Tak semua balasan dari perbuatan baik yang kita lakukan hanya berupa materi atau berwujud benda. Justru banyak imbalan yang tak tampak, hanya bisa dirasakan dalam hati, seperti yang dijelaskan di atas. Mungkin juga tak bisa kita lihat atau rasakan di dunia ini, siapa tahu itulah yang mengantarkan kita di surga-Nya nanti.

Jadi, tak perlu ragu untuk berbuat baik, meski sedikt dan hal yang sederhana. Apalagi kalau hal demikian untuk kepentingan umum. Lakukan, apa pun itu, asalkan hal yang positif dan memberikan dampak kebaikan.

Kerjakan saja. Niatkan untuk beribadah kepada-Nya. Lakukan dengan langkah atau proses yang baik dan benar pula. Insyaallah, berkah.

Wallahu a’lam.

Share This :