Mencoba yang Berbeda

Mencoba yang Berbeda
Oleh: Gunawan


Ada banyak cara untuk mencari, menemukan, mendapatkan, dan/atau menyaring ide untuk sebuah tulisan. Kita bisa peroleh dengan membaca buku, misalnya. Lewat menonton televisi juga bisa. Duduk santai memandangi alam sekitar, merenungi ciptaan Tuhan, juga sangat bagus. Berselancar di dunia maya pun adalah sangat boleh.

Saya pun, mulai beberapa hari yang lalu, mencoba menyaring ide dengan memasang status Facebook yang berbeda. Ya, agak berbeda memang. Tak seperti biasanya. Umumnya, saya hanya men-share tulisan sederhana saya yang telah diposting di Blog pribadi dan Kompasiana sebelumnya.

Dan, status yang berbeda itu saya tulis tengah malam. Status Facebook yang dimaksud adalah lebih pendek, dan langsung saya ketik di laman Facebook. Tanpa saya memposting terlebih dahulu di Blog pribadi. Barangkali, bagi yang sudah membacanya atau yang sering mengikuti saya di alam Facebook akan kaget karena melihat tulisan/status saya yang berbeda dari sebelumnya. Namun, sekali lagi, itu adalah bagian dari cara saya untuk menemukan beberapa ide agar bisa melahirkan tulisan demi tulisan.

Ternyata betul dugaan saya. Tak sedikit saya mendapatkan atau menemukan ide dari status yang saya pasang (baca: tulis) tersebut. Tak sia-sia memang. Beragam komentar dari teman-teman Facebook pun muncul. Saya meresponnya dengan baik. Berusaha untuk memancing mereka agar terus memberikan komentar terhadap apa yang saya tulis tersebut.

Ide-ide yang saya dapatkan dari komentar teman-teman di alam maya tersebut kemudian saya tulis di buku kecil. Setelah itu, saya kembangkan menjadi tulisan demi tulisan. Kini pun, saya masih mencoba menulis dan menuntaskan atas ide yang diperoleh tersebut. Semoga ada manfaatnya.

Wallahu a’lam.


Share This :