Semua Tergantung dari Niat

Semua Tergantung dari Niat
Oleh: Gunawan


Di beberapa grup WA yang saya ikuti dan beberapa teman Facebook, sering saya mendapat pertanyaan yang hampir sama, yaitu bagaimana caranya agar bisa terus menulis rutin setiap harinya tanpa ada rasa bosan? Jawaban saya sederhana saja. Semuanya harus bermula pada niat. Apa pun niat kita dalam melakukan sesuatu, termasuk menulis, itu akan memengaruhi terhadap apa yang kita kerjakan. Jika niat kita bagus dan untuk kebaikan, tentu kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan atau mewujudkannya. Namun, bila niat kita tidak jelas, maka akan susah untuk mengerjakan sesuatu secara maksimal.

Kaitannya dengan menulis, dari awal saya memang berkomitmen dan berniat untuk berbagi. Ya, menulis merupakan salah satu cara yang saya lakukan untuk berdakwah dan berbagi terhadap sesama. Oleh karena saya sudah berkomitmen dan berniat seperti itu, maka mau tidak mau, suka atau tidak suka, saya harus berusaha untuk menulis tiap harinya walau sesuatu yang paling sederhana. Sebab, kalau saya tidak melakukan ini (menulis), maka rencana saya untuk berbagi tulisan tiap harinya pasti akan berhenti.


Niat inilah yang selalu mengingatkan saya untuk terus menulis, menulis, dan menulis. Niat inilah yang selalu membisiki saya di saat lupa untuk menulis. Niat inilah yang selalu memberikan semangat kepada saya agar tidak berhenti apalagi sampai bosan untuk menulis.

Ya, menurut saya, niat dalam melakukan sesuatu itu penting sekali. Sebab, sekali lagi, niatlah yang menjadi dasar kita melakukan sesuatu.

Jadi, bila Anda ingin konsisten menulis rutin setiap hari, maka silakan perbaiki dulu niatnya. Anda harus berniat untuk berbagi lewat tulisan. Anda harus berniat untuk berdakwah lewat karya tulis. Hematnya, Anda harus berniat untuk beribadah kepada-Nya. Bila hal demikian sudah tertanam dalam diri Anda, yakinlah Anda akan bersemangat untuk terus menulis tiap harinya, tanpa ada rasa bosan sedikit pun.

Wallahu a’lam.

Share This :