Semua Bisa Menjadi Bahan Tulisan

Semua Bisa Menjadi Bahan Tulisan
Oleh: Gunawan


Bagi seorang penulis, apa pun yang dilihatnya, bisa saja menjadi tulisan. Apa pun yang didengar, juga bisa menjadi bahan tulisan. Demikian juga apa yang dirasakan, semuanya bisa saja ia rangkai menjadi sebuah tulisan.

Sesuatu yang biasa saja di mata orang lain, namun di mata sang penulis, itu bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Hal yang tidak berguna bagi orang lain, namun justru di tangan penulislah hal demikian bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna dan bermanfaat. Mengapa bisa demikian? Ya, itulah salah satu kelebihan seorang penulis, yaitu mampu mengungkapkan sesuatu dengan bahasa tulis yang barangkali sebelumnya biasa saja dan tidak bernilai, namun setelah dituangkan dalam tulisan, itu bisa menjadi sesuatu yang luar biasa dan bernilai guna.

Misalnya, terdapat pemulung yang sedang memungut botol di jalanan. Mungkin, hal ini biasa saja bagi orang lain. Namun, ini bisa menjadi kisah inspiratif yang sangat bagus bila telah ditulis oleh sang penulis. Inspiratifnya, misal di sini sang penulis mampu menghadirkan bahasa tulis yang memiliki pesan moral yang sangat baik bagi pembacanya, sebut saja, misalnya ada spirit kerja keras tanpa kenal lelah, tidak tahan gengsi, dan lainnya. Hal demikian, tentu memiliki pesan moral yang baik.

Contoh lain, misal ada seorang lelaki yang sedang dipatuk oleh induk ayam lantaran anaknya diganggu oleh lelaki tersebut. Ini juga bisa menghadirkan sesuatu yang lain di mata penulis. Misalnya, kita tidak boleh mengganggu sesuatu atau orang lain kalau tidak ingin kena imbasnya. Atau, dari induk ayam misalnya, salah satu poin pentingnya adalah bahwa ini juga merupakan salah satu bukti kecintaan dan kasih sayangnya kepada anaknya, sehingga apa pun atau siapa pun yang mengganggu anak-anaknya, ia tidak segan-segan untuk mematuknya.

Sekali lagi, semua itu bisa saja menjadi materi atau bahan tulisan yang luar biasa di mata seorang penulis. Berkat kepiawaiannya dalam merangkai kata dan kalimat, sehingga hal yang sederhana pun mampu disulapnya menjadi sesuatu yang bernilai lebih.

Wallahu a’lam. 

Share This :