Ingin Menjadi Penulis, Ya Mulailah Menulis

Ingin Menjadi Penulis, Ya Mulailah Menulis
Oleh: Gunawan


Dalam mewujudkan suatu mimpi, tentu seseorang harus berusaha dan bekerja semaksimal mungkin. Mengapa harus berusaha? Sebab, tanpa usaha, mustahil suatu mimpi atau impian seseorang akan terwujud. Istilah lainnya, impian seseorang akan terwujud, manakala ia mau mewujudkannya dengan cara bekerja dan berusaha.

Jika seseorang mempunyai mimpi ingin menjadi bintang lapangan, maka ia harus terus berlatih dan berlatih. Pandai mengatur waktu, terus belajar dan berlatih, insya Allah mimpi untuk menjadi bintang lapangan akan tercapai. Bagi pencinta sepak bola tentu tahu, salah satu bintang lapangan yang terkenal di dunia, Lionel Messi. Ia begitu lihai dalam memainkan si kulit bundar, ia sering mendapatkan trofi, dan lainnya. Ini tidak lain, karena memang dahulu waktu kecil, ia memang bermimpi untuk menjadi bintang lapangan. Dan mimpi tersebut ia wujudkannya dengan terus belajar dan berlatih.

Demikian halnya, jika kita ingin menjadi penulis. Bila kita memiliki keinginan atau impian menjadi penulis, tidak ada cara lain, melainkan mulai belajar menulis dari sekarang juga. Jangan menunda-nunda. Ya, ingin menjadi penulis maka bersegeralah untuk mulai merangkai kata dan kalimat dari detik ini juga.

Teruslah berlatih dan menulis. Semakin sering kita berlatih menulis, maka kita akan terbiasa untuk meluangkan walau sedikit waktu untuk menulis. Semakin rutin kita belajar menulis, lambat laun kita akan bisa menulis, apa pun jenisnya. Sehingga, keinginan atau impian menjadi penulis akan segera terwujud.

Penulis-penulis terkenal di seluruh penjuru dunia, tidak langsung begitu saja menjadi penulis, melainkan beliau-beliau dahulunya belajar menulis mulai dari nol, barangkali ada juga yang mulai dari minus. Ya, tidak ada penulis yang langsung jadi dengan sendirinya, tanpa ada usaha untuk mewujudkannya.

Jadi, sekali lagi, bila ingin menjadi seorang penulis maka wujudkanlah keinginan tersebut dengan mulai belajar menulis dari sekarang juga. Jangan mengulur-ulur waktu. Bersegeralah untuk menulis. Insya Allah, pasti bisa.

Wallahu a’lam.

Share This :