Pemimpin Itu Memberi Teladan

Pemimpin Itu Memberi Teladan
Oleh: Gunawan


Dalam suatu komunitas atau organisasi tertentu, pasti memiliki yang namanya pemimpin. Walau pun mungkin sebutannya yang berbeda-beda. Sebab, belum bisa dikatakan suatu organisasi bilamana tidak terdapat seorang pemimpin. Mengapa demikian? Karena untuk bisa menjalankan roda organisasi tentu harus berdasarkan komando atau arahan dari seorang kepala (pemimpin). Memang betul, bahwa kerja sama timlah yang dibutuhkan, namun akan terarah bila terdapat seorang pemimpin.

Seorang pemimpin tugasnya bukan hanya sebatas menyuruh untuk mengerjakan ini dan itu kepada bawahannya. Saya katakan lagi, bukan hanya itu. Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memberikan teladan, mampu memberikan contoh kepada siapa pun orang yang dipimpinnya. Banyak suatu komunitas atau organisasi tidak berjalan sebagaimana mestinya, salah satunya disebabkan karena seorang pemimpin, yaitu bahwa ia hanya bisa menyuruh orang-orang di sekitarnya tanpa mau memberikan teladan. Sehingga, tidak heran komunitas atau organisasi yang dimaksud rentan konflik di antara sesama (konflik internal).

Sebaliknya, komunitas atau organisasi tertentu akan semakin solid manakala seorang pemimpin mampu memberikan contoh dan teladan kepada siapa pun orang yang dipimpinnya. Pemimpin yang seperti inilah harusnya dimiliki oleh setiap komunitas atau organisasi.

Ada satu bukti nyata yang saya perhatikan mengenai pemimpin yang mampu memberikan contoh dan teladan kepada orang-orang yang di sekitarnya. Pemimpin yang saya maksud adalah Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA. Beliau adalah Rektor UIN Alauddin Makassar selama dua periode (2002-2011). Pernah suatu waktu saya berangkat ke kampus dan sepintas melihat beliau yang sedang memungut sampah di depan gedung Rektorat. Luar biasa, beliau tidak pernah menyuruh satpam atau pegawai yang ada di sekitarnya. Melihat kejadian itu pegawai-pegawainya langsung bereaksi untuk ikut memungut sampah. Itu yang beliau lakukan. Sungguh, pemimpin yang benar-benar mampu memberikan teladan kepada bawahannya. Bahkan dalam hal lainnya pun, beliau selalu ingin memberikan dulu contoh dan tidak harus memerintah, itu yang saya dengar dari para pegawainya.

Efeknya adalah beliau menjadi salah satu sosok pemimpin yang sangat dirindukan oleh hampir seluruh masyarakat kampus. Maka tidak heran beliau menjadi orang nomor satu di kampus tersebut selama dua periode berturut-turut.

Wallahu a’lam.

Share This :