Ramadhan, Bulan Literasi

Ramadhan, Bulan Literasi
Oleh: Gunawan


Bagi umat Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Begitu yang saya dengar dari ceramah yang disampaikan oleh salah seorang penceramah di bulan Ramadhan ini. Di samping itu juga, bulan ini merupakan salah satu momentum yang tepat untuk melatih diri terus beribadah kepada-Nya.

Demikian juga bagi setiap penulis. Menurut saya, bulan ini sangat tepat dan bagus untuk melatih diri dan terus belajar menulis. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Apalagi di setiap bulan Ramadhan, biasanya aktivitas setiap muslim tidak terlalu berat dan tentu tidak banyak menyita waktu. Begitu umumnya realita di Indonesia.

Dengan demikian, maka sangatlah cocok bila di bulan yang penuh berkah ini dimanfaatkan untuk membaca dan menulis. Saya mengistilahkan, bulan Ramadhan ini merupakan bulan literasi. Siapa tahu, dengan melatih diri untuk terus membaca dan menulis di bulan Ramadhan ini bisa dilakukan juga pada bulan-bulan yang lainnya. Semoga.

Membiasakan diri untuk terus membaca dan menulis rutin di bulan Ramadhan juga sesungguhnya merupakan salah satu bentuk ibadah. Manfaatnya, tentu tidak hanya buat pribadi masing-masing, namun juga bisa dirasakan oleh orang lain. Contoh, ketika kita menulis, lantas tulisan tersebut kita posting di facebook, misalnya. Insya Allah postingan tersebut akan sangat bermanfaat bagi yang mau membaca dan mengambil hikmah dari tulisan kita tersebut.

Jadi, sekali lagi, sebelum Ramadhan usai, sebaiknya kita memanfaatkan semaksimal mungkin momen ini untuk terus menebar kebaikan, salah satunya lewat karya tulis. Insya Allah, semuanya pasti ada manfaat dan berkahnya.

Wallahu a’lam.

Share This :