Berusahalah untuk Menjadi Produsen

Berusahalah untuk Menjadi Produsen
Oleh: Gunawan


Membaca karya tulis memang terasa asyik. Apalagi membaca buku. Terus, buku yang dibaca tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Belum lagi kalau isinya membuat kita “terhipnotis.” Atau, barangkali, makan dan minum pun kita lupa, karena keasyikan membaca bukunya. Mantap sudah.

Namun, menurut saya, jauh lebih asyik dan menyenangkan bila kita bisa menjadi penulis (produsen). Sehingga, kita bisa menulis dan menelurkan buku-buku. Ini agak susah dijelaskan dengan kata-kata. Ya, kenikmatannya sulit digambarkan dengan kata-kata. Pokoknya, nikmat sekali rasanya. Sebab, buku kita akan dinikmati dan dibaca oleh orang lain. Alhamdulillah, kenikmatan ini saya sudah rasakan sendiri pada pertengahan tahun 2016 lalu, ketika dua buku solo saya berhasil diterbitkan dan dikonsumsi oleh para konsumen.

Itulah nikmat dan enaknya jadi produsen. Bila pembaca (konsumen), bisa merasakan nikmatnya menyantap buku. Maka, sebagai seorang penulis (produsen) sudah pasti lebih dari itu. Kalau Anda tidak percaya (bagi yang belum menulis), silakan mulai dari sekarang menulislah. Kemudian, tulisan tersebut minimal Anda posting di akun facebook. Anda akan merasakan kenikmatan tersendiri. Sebab, tulisan Anda dibaca oleh orang lain.

Apalagi kalau tulisan tersebut bisa Anda terbitkan menjadi buku. Ini lebih mantap dan nikmat lagi rasanya. Percayalah! Dengan beredarnya tulisan kita di artikel, koran, majalah, di buku, dan atau media lainnya, maka itu bisa menjadi ladang amal bagi kita yang tidak terputus. Insya Allah.

Jadi, mulai dari sekarang, yuk kita sama-sama dan berlomba-lomba untuk menjadi produsen. Sehingga kita bisa menelurkan karya tulis. Mari kita berlomba-lomba untuk berdakwah lewat tulisan. Insya Allah, berkah.

Wallahu a’lam.
Share This :