Membaca Itu Penting

Membaca Itu Penting
Oleh: Gunawan


Salah satu penyebab sehingga maraknya orang yang menyebarkan berita yang kebenarannya belum jelas, disebabkan karena ia malas membaca. Mungkin saja ia membaca, namun belum tuntas. Atau barangkali, ia hanya membaca judulnya saja, lantas karena judulnya menarik maka ia langsung menyebarkan atau men-share-nya ke orang lain, padahal isinya mungkin saja hoax. Inilah salah satu efeknya, jika seseorang malas untuk membaca.

Bagaimana mungkin seseorang mengetahui informasi secara jelas dan pasti, manakala ia malas dan tidak suka membaca? Bagaimana mungkin ia mengetahui berita yang tersebar itu benar atau tidak, jikalau ia malas dan tidak pernah membaca? Semua berita dan informasi tidak akan bisa diketahui nilai kebenarannya, kalau saja kita tidak pernah dan malas membaca. Membaca yang saya maksud di sini, tidak hanya membaca yang tersurat, seperti di media online, media cetak, buku, dan lainnya, namun juga sesuatu yang tersirat.

Pernah beberapa hari lalu, saya membaca salah satu postingan teman di akun facebooknya terkait dengan salah satu permasalahan di kabupaten tempat saya berasal. Postingan tersebut tentunya sesuai dengan kenyataan, bahkan disertai dengan berbagai sumber dari media online terpercaya di situ, namun masih banyak komentar teman-temannya yang menanyakan “apa penyebab dan bagaimana kronologisnya?” Andaikata mereka membaca berbagai sumber dan berita tersebut, tentu pertanyaan tersebut tidak akan dilontarkan. Mengapa? Sebab, jawabannya sudah jelas dan ada semua dalam isi berita yang terpampan dan dimuat di media online tersebut.

Dari kasus tersebut di atas, menandakan bahwa efek dari tidak mau dan malas membaca adalah sangat jelas, yaitu ketidaktahuan, padahal bila ia membacanya maka ia akan mengetahuinya. Malas membaca seperti yang dimaksud, sesungguhnya terjadi juga pada kalangan terdidik, seperti sarjana, bahkan sampai magister. Saya berani katakan demikian, sebab salah satunya, banyak di antara mereka yang selalu menyebarkan berita-berita yang salah bahkan berita fitnah, seperti di media sosialnya. Tidak perlulah saya menyebutkan siapa mereka.

Oleh karena itu, membaca merupakan suatu keharusan bagi kita semua. Saya, Anda, kita semuanya tidak boleh malas membaca. Kita harus rajin membaca. Apalagi dalam ajaran Islam, membaca merupakan salah satu anjuran, seperti dijelaskan dalam surah yang pertama kali turun (al-Alaq 1-5).

Membaca itu penting bagi siapa saja, agar bisa memahami, mengetahui segala sesuatu. Baik itu yang bersifat tersurat maupun tersirat, kita harus mampu untuk membacanya. Karena hanya dengan itu kita dapat memperoleh informasi dan pengetahuan secara jelas dan akurat.

Sekali lagi, jadikanlah membaca sebagai salah satu kebutuhan primer kita. Sehingga, kita bisa menyikapi berbagai berita, informasi, atau pun data yang diperoleh secara baik dan arif. Semakin sering dan rajin kita membaca, maka tentu bisa menambah kualitas dan kuantitas pengetahuan dan pribadi kita masing-masing. Semakin sering kita membaca, maka akan membuat kita semakin berdewasa dalam berbicara, bersikap, berperilaku, dan berbuat sesuatu.

Wallahu a’lam.
Share This :