Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi
Oleh: Gunawan


Di era digital ini, apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh umat manusia? “Semuanya” bisa dilakukan. Menu apa saja, mudah sekali didapat lewat bantuan teknologi. Sajiannya pun, tergantung keinginan kita. Tinggal pilih saja sesuka hati.

Anak sekolah yang ingin belajar matematika, bisa saja diperoleh lewat media tanpa harus belajar dari seorang guru. Misalnya, lewat Om/Tante Google. Orang yang ingin mengetahui harga sembako di pasar, misalnya, ia tidak perlu langsung menuju ke pasar. Cukup minta tolong sama si Mbah Google. Orang yang ingin menanyakan kabar saudara-saudaranya di kejauhan, cukup memanfaatkan HP, telepon, dan lainnya.

Sungguh enteng orang yang hidup di era teknologi yang semakin canggih ini. Apa-apa bisa dilakukan. Memang sih, ada juga efek negatifnya dari teknologi yang dimaksud. Tidak perlulah saya membahasnya. Kita pasti sudah tahu. Tinggal, bagaimana kita menyikapinya.

Kecanggihan teknologi ini, merupakan angin segar juga bagi para penulis. Ya, bagi seorang penulis, ini sangat diperlukan. Sebab, barangkali, seorang penulis tidak lagi menulis dengan menggunakan buku dan pulpen. Seorang penulis bisa langsung menggunakan laptop, komputer, atau lainnya.

Hal ini, tentu sangat efektif dan efisien. Sebab, kita bisa menyimpannya tanpa harus diprint dulu. Juga, bisa dibawa ke mana-mana berbagai tulisan yang dihasilkan. Barangkali, bisa menggunakan flashdisk atau sejenisnya. Kalau masih manual (menulis di dalam buku) agak repot membawanya. Apalagai kalau sudah banyak tulisan. Tentu, semakin repot.

Begitu juga, bila ingin menerbitkan buku. Seorang penulis, tidak perlu capek-capek pergi ke tempat penerbit. Bisa langsung berkomunikasi lewat dunia maya. Tinggal search di Mas/Mbak Google, cari saja penerbit yang sesuai. Pasti akan ketemu. Pun juga mengirim naskah, bisa langsung melalui email dan atau lainnya.

Intinya, adalah dengan adanya teknologi ini dapat mempermudah proses aktivitas manusia. Positifnya ini. Memanfaatkan teknologi ke hal yang berguna dan positif itu perlu dan harus dilakukan. Bukan malah sebaliknya, yaitu menggunakan untuk hal yang negatif.

Wallahu a’lam.

Share This :