Menulis di Era Teknologi

Menulis di Era Teknologi
Oleh: Gunawan


Menulis di era teknologi seperti sekarang ini adalah bukanlah sesuatu yang susah, menurut saya. Semua keperluan yang dibutuhkan oleh kita sangatlah mudah. Terutama alat yang digunakan untuk menulis. Ide sekali pun banyak sekali disuguhkan. Tinggal kita mau menyantapnya atau tidak.

Contoh sederhana, barangkali mengetahui media atau alat bantu untuk menulis, bisa kita gunakan komputer, laptop, bahkan HP sekali pun. Idenya, barangkali juga, bisa diperoleh dari media yang dimaksud. Ya, tinggal kita mengetik salah satu kata kunci di Om Google. Semuanya akan terpenuhi. Singkatnya, semuanya siap saji. Asalkan, mau atau tidak.

Rugilah kita, bila tidak mau memanfaatkan hasil dari perkembangan teknologi ini. Bila orang dahulu, yang sama sekali belum ada teknologi seperti sekarang, bisa menghasilkan karya tulis berpuluh-puluh bahkan ada yang ratusan. Bagaimana dengan kita sekarang ini? Logika berpikirnya sederhana saja. Seharusnya, kita yang hidup di era teknologi sekarang ini, bisa lebih produktif dari orang-orang dulu. Atau paling tidak, produktivitasnya sama.

Kita bisa lihat Euclid yang berhasil menulis berpuluh-puluh buku. Karya beliau yang sangat fenomenal adalah terhimpun dalam The Elements. The Elements terdiri dari tigabelas buku yang tersusun berdasarkan tema dan topik tertentu. Sungguh, pencapaian yang luar biasa di zamannya. Bahkan, konon berkat karyanya tersebut, beliau dianggap sebagai guru matematika sepanjang masa dan matematikawan terbesar Yunani. Satu lagi, misalnya Al-Biruni. Sumbangannya dalam matematika saja lebih dari 120 buah buku, belum lagi di bidang lainnya. Luar biasa.

Maka dari itu, mari kita sama-sama memanfaatkan teknologi (komputer, laptop atau sejenisnya) sebaik mungkin. Ya, kita manfaatkan untuk menulis. Sehingga, kita juga bisa menelurkan karya tulis sesuai dengan apa yang kita inginkan. Yuk, kita sama-sama lakukan mulai dari sekarang juga. Menulis, menulis, dan menulislah.

Wallahu a’lam.

Share This :