Untung Ada Teknologi

Untung Ada Teknologi
Oleh: Gunawan


Sebagai makhluk sosial, tentu komunikasi satu sama lain merupakan suatu keharusan. Sebab, ini merupakan cara kita untuk menjalin hubungan yang harmonis satu sama lain. Misalnya, di dalam kehidupan berumah tangga, komunikasi harus terus jalan. Komunikasi antara anak dengan orang tua harus terus berlangsung demi terciptanya kehidupan berkeluarga yang rukun dan harmonis. Sebab, banyak anggota keluarga yang kurang bahkan tidak harmonis karena kurangnya komunikasi yang baik antara sesama.

Sekali lagi, komunikasi antara sesama sangatlah penting. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kabar satu sama lain. Pun juga, dengan melakukan komunikasi satu sama lain, maka informasi berupa berita, pesan, ide, atau gagasan dapat tersampaikan.

Komunikasi seperti yang dimaksud, tidak hanya dilakukan face to face. Namun, bisa juga dilakukan lewat jarak jauh. Dalam hal ini, tentu dibutuhkan media sebagai perantara atau alat penghubung. Tanpa media, tentu komunikasi tidak akan bisa dilakukan.

Di era sekarang, salah satu alat atau media untuk berkomunikasi satu sama lain adalah lewat teknologi. Entah menggunakan Handphone (Telephone), Facebook, Line, BBM, WhatsApp, dan lainnya. Dengan adanya media seperti ini, tentu komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya akan semakin intens. Walaupun jarak yang cukup jauh, dengan adanya teknologi seperti yang dimaksud di atas, komunikasi bisa dilakukan kapan saja.

Bagi seorang yang hidup di tanah rantauan dan jauh dari keluarga atau orang tua, seperti saya ini, tentu media seperti yang disebutkan di atas sangat bermanfaat sekali. Terutama handphone. Sebab, orang tua saya hanya memiliki handphone, sebagai satu-satunya media untuk berkomunikasi lewat jarak jauh.

Hidup jauh dari kedua orang tua, khususnya, bukan merupakan sesuatu yang baru bagi saya. Sebab, dari SMP saya sudah tidak tinggal dengan kedua orang. Alasannya, sederhana sekali, karena saya memilih sekolah di pusat kota (jauh dari kampung halaman). Begitu pula waktu SMA. Sekarang pun jarak antara saya dan keluarga semakin jauh. Bahkan, beda pulau. Tentu untuk berkomunikasi dan menanyakan kabar satu sama lain, mau tidak mau harus lewat telpon (handphone). Tanpa ini, saya tidak akan bisa berkomunikasi dengan keluarga saya. Untuk mengobati rasa rindu, hampir setiap hari saya menghubungi kedua orang tua saya lewat handphone.

Hal yang sama juga, saya lakukan dengan teman-teman yang berada di kejauhan. Saya memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan mereka. Baik teman-teman di kampung, maupun dengan teman-teman waktu kuliah dan berorganisasi dulu. Komunikasi tetap saya lakukan secara intens.

Apalagi tugas saya sekarang semakin “berat”, yaitu diamanahkan sebagai Dewan Pembina di beberapa organisasi. Tempat organisasi yang dimaksud, tentu sangat jauh dari tempat tinggal saya sekarang. Maka untuk berkomunikasi dengan para pengurus dan anggota di berbagai organisasi tersebut, saya memanfaatkan Handphone, Facebook, Line, BBM, dan atau WhatsApp.

Barangkali, tanpa ada teknologi tersebut, saya tidak akan bisa berkomunikasi dengan mereka. Sudah pasti, informasi dan kabar pun akan terputus.

Wallahu a’lam.

Share This :