Pendidikan, Tanggung Jawab Bersama

Pendidikan, Tanggung Jawab Bersama
Oleh: Gunawan
 

Bila kita merujuk dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini, dimaksudkan untuk seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali. Ya, semua warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Sebab, sudah diatur dalam undang-undang.

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Sebab, melalui pendidikanlah, seseorang akan bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk; mampu membedakan mana yang harus dikerjakan, dan mana yang harus ditinggalkan.

Sesungguhhnya, pusat pendidikan tidak hanya di lingkungan sekolah, melainkan juga di lingkungan keluarga dan masyarakat. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Bapak Pendidikan Indonesia (Ki Hajar Dewantara).

Demi mewujudkan tujuan pendidikan seperti yang dimaksud, maka dibutuhkan kerja sama semua pihak. Pihak sekolah, keluarga, dan masyarakat harus saling bersinergis dan bekerja sama. Tanpa itu, tujuan sesungguhnya pendidikan akan sulit tercapai secara maksimal.

Namun, kenyataannya di lapangan, banyak masyarakat menganggap bahwa seolah-olah tanggung jawab pendidikan hanya dibebankan kepada lingkungan atau pihak sekolah. Masyarakat lupa bahwa anak-anak mereka juga lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga dan masyarakat. Artinya, kalau hanya tugas ini dibebankan kepada pihak sekolah, maka harapan bersama akan sulit tercapai.

Oleh karena itu, keluarga dan masyarakat, harus turut terlibat dalam membantu pendidikan anak-anak mereka. Sehingga, harapan bersama bisa tercapai. Bila anak-anaknya sudah pulang dari sekolah, orang tua juga harus bisa membimbing anak-anaknya di rumah. Demikian juga dengan masyarakat. Masyarakat harus ikut mengontrol pergaulan anak-anak mereka. Bila terdapat generasi muda yang melakukan sesuatu yang salah, silakan ditegur dan dinasihati. Jangan biarkan mereka melakukan sesuatu yang tidak baik dan tidak benar. Berilah teladan dan pemahaman kepada mereka agar bisa menjadi generasi yang cerdas, berakhlak dan berbudi luhur.

Wallahu a’lam.

Share This :