Teruslah Berpikir Positif

Teruslah Berpikir Positif
Oleh: Gunawan


Manusia merupakan makhluk yang mempunyai sejuta harapan. Entah itu harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, harapan untuk mendapatkan pujaan hati yang setia, harapan agar memperoleh keturunan yang saleh, harapan agar seluruh doanya dikabulkan oleh Tuhan, dan lain sebagainya.

Berjuta harapan yang dimaksud, sebisa mungkin setiap orang menginginkannya agar terwujud. Ya, itulah naluri manusia. Apa pun yang diinginkannya berharap itu semua bisa terwujud dan menjadi kenyataan. Namun, perlu diingat bahwa ini hanyalah harapan dan impian semata. 

Perlu kita ketahui, bahwa tidak selamanya apa yang diharapkan itu semuanya akan terwujud. Adakalanya meleset. Sebab, itu hanyalah sebuah harapan. Artinya, bahwa itu hanyalah sebuah dambaan. Apakah harapan dan dambaan itu bisa tercapai, itu tergantung sejauh mana usaha kita untuk mewujudkannya. Itu pun, bila Tuhan menghendakinya. Sebab, kadang kita menginginkan sesuatu kemudian dibarengi dengan ikhtiar dan kerja keras, bisa saja itu tidak akan tercapai manakala Tuhan tidak menghendakinya.

Ya, manusia hanya bisa berencana dan berusaha untuk mewujudkan berbagai harapan. Namun, Tuhanlah yang menentukan itu semua. Oleh karena itu, bila harapan kita belum tercapai, jangan berkecil hati. Tetaplah berusaha dan berpikir positif. Jangan sampai kita berburuk sangka. Apalagi kepada Sang Pencipta. Tuhan tentu Maha Mengetahui mana yang terbaik buat hamba-Nya. Boleh jadi, yang menurut kita itu baik, namun di mata Tuhan itu tidak baik. Begitu pula sebaliknya. Sesuatu yang barangkali menurut kita tidak baik, bisa jadi itulah yang terbaik di mata Tuhan. Jadi, tetaplah untuk berpikir positif atas apa yang terjadi dan menimpa kita.

Ambil contoh sederhana. Misalnya, seseorang yang begitu menginginkan bahwa si A harus menjadi pasangan hidupnya ke depan. Sudah banyak usaha dan pengorbanan yang ia lakukan untuk mendapatkannya. Namun, pada akhirnya harapan tersebut kandas. Maka, sekali lagi, ia harus menerima kenyataan itu. Sebab, barangkali ini yang terbaik menurut Tuhan. Tetaplah berpikir positif. Contoh lain, bila kita meminta bantuan kepada orang lain, maka mintalah dengan cara yang baik. Kemudian, bila orang tersebut belum bisa membantu sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka ucapkanlah terima kasih kepadanya. Jangan marah padanya. Apalagi  sampai berburuk sangka. Teruslah berpikir positif.

Wallahu a’lam

Share This :