Semangat Belajar dan Berbagi

Semangat Belajar dan Berbagi
Oleh: Gunawan
Saya begitu terharu melihat semangat teman-teman UST Pascarsajana Yogyakarta dalam kegiatan literasi dan sosial di Ngalang beberapa waktu lalu. Semakin terharu lagi kala melihat semangat adik-adik yang menyambut kami. Mereka begitu antusias dalam belajar dan mendengarkan serta mengikuti berbagai arahan dari kami.

Kegiatan yang diinisiasi tersebut merupakan bentuk kepedulian kami terhadap sesama. Kami begitu senang dan bahagia karena masih bisa belajar dan berbagai, meskipun tak banyak. Melihat keceriaan di wajah adik-adik di Ngalang saja, saya pribadi merasa bahagia. Meskipun saya tahu bahwa mereka baru saja ditimpa bencana longsor dan banjir oleh karena hujan yang terus mengguyur. Namun, itu semua tidak menyurutkan mereka. Mereka berusaha bangkit dari itu semua.

Saya jadi teringat dengan kejadian serupa di Bima pada 21 Desember 2016 lalu. Ya, banjir bandang melanda daerah kami. Namun, ketika saya melihat wajah-wajah generasi muda Ngalang yang begitu bersemangat dalam belajar, saya pun tersadarkan oleh mereka. Bahwa bencana yang melanda, bukanlah suatu halangan untuk belajar dan terus maju. Berbagi dan memberi juga akan semakin terasa mudah ketika saudara-saudara kita betul-betul membutuhkan, apalagi yang terkena suatu musibah alam.

Kegiatan sosial semacam ini merupakan aktivitas yang sangat bagus, dan perlu dilestarikan. Ya, berbagi adalah tugas kita bersama. Berbagi adalah bagian dari kegiatan kemasyarakatan, dan menjadi tanggung jawab bersama. Kegiatan positif semacam ini perlu digalang dan dilakukan secara terus-menerus.

Saya sendiri merasa bersyukur karena bisa bergabung dengan sahabat-sahabat dari berbagai daerah. Saya betul-betul melihat bagaimana semangat mereka dalam belajar dan berbagi. Perlu saya tiru dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian juga dengan adik-adik di Ngalang tersebut, semangat belajarnya begitu luar biasa. Mengingatkan saya dengan adik-adik di kampung halaman. Mulai acara hingga akhir, mereka mengikutinya dengan begitu antusias. Apalagi di kelas literasi yang saya beri motivasi dan bimbing langsung untuk menulis. Mereka betul-betul bersemangat. Mereka adalah generasi emas yang perlu diberi motivasi dan semangat agar terus belajar, belajar, dan belajar.
Semangat belajar dan berbagi merupakan spirit yang harus ditanamkan dalam diri tiap individu, agar menjadi pribadi yang “paripurna.” Semangat yang seperti ini menjadi modal utama dalam membangun dan melahirkan masyarakat yang cerdas. Berbagai karakter positif bisa terbentuk apabila seseorang mau dan terus melakukan aktivitas yang positif, khususnya dalam hal belajar dan berbagi kepada sesama.

Dulu juga saya sering melakukan aktivitas yang semacam ini. Dari daerah ke daerah, saya bersama dengan teman-teman menyusuri, berjalan ke sana kemari demi untuk belajar dan berbagi terhadap sesama. Saya pribadi sangat menikmati kegiatan seperti yang dimaksud. Sebab, di situ juga saya bisa belajar dan menimba pengetahuan sebanyak-banyaknya. Ya, di situlah saya belajar banyak hal.

Wallahu a’lam.
Share This :