Jangan Lupa Bahagia

Jangan Lupa Bahagia
Oleh: Gunawan
Saban hari, kita selalu disibukkan dengan berbagai aktivitas. Kegiatan demi kegiatan terus menyapa. Mencari berbagai keperluan demi melangsungkan kehidupan. Kerja sana-sini untuk “keperluan perut” dan lainnya. Mengumpulkan pundi-pundi rupiah, membangun rumah yang begitu megah, membeli mobil yang harganya melangit, dan sebagainya. Namun, terkadang banyak yang tak merasakan kebahagiaan dari semua aktivitas dan usaha itu. Ya, tak sedikit yang stres dan tak karuan.

Kebahagiaan dalam menjalani rutinitas hidup adalah sangat penting. Sebab, tanpa ada unsur bahagia, kita tak akan merasakan nikmatnya hidup. Dan, cara menemukan atau mendapatkan kebahagiaan adalah dengan mensyukuri berbagai nikmat yang ada dari-Nya.

Hakikat kebahagiaan adalah ada pada rasa syukur itu sendiri. Apa pun yang kita lakukan, bila kita mensyukurinya, maka hati tentu akan bahagia. Apa pun persoalan hidup yang terus “menghadang,” jika dibarengi dengan syukur dalam menghadapinya, maka di situlah letak kebahagiaan yang sesungguhnya.

Hidup ini jangan terlalu “serius.” Santai saja. Jangan membebani diri. Jalani dengan lapang dada. Jalani dengan bahagia. Dengan demikian, kita akan mudah senyum. Tanpa terbebani dengan berbagai permasalahan yang datang silih berganti.

Lihatlah kepolosan bayi dan anak kecil. Ia begitu menikmati hidupnya. Tanpa terbebani dengan apa-apa. Wajahnya yang penuh dengan senyuman. Tawanya yang kadang membuat kita yang mendengar dan melihatnya ikut tersenyum dan tertawa juga.

Jangan lupa Tuhan. Jangan lupa bahagia. Terus, syukuri apa yang ada. Sebab, hidup adalah anugerah. Temukan terus kebahagiaan dalam setiap lini kehidupan dengan jalan mensyukurinya, apa pun itu.

Wallahu a’lam.
Share This :