Inspirasi Malam Senin

Inspirasi Malam Senin
Oleh: Gunawan
Minggu, 24 Desember 2017, saya berkunjung ke salah satu kos teman. Saya bertemu dengan beberapa adik-adik dari kampung halaman, yang kebetulan sedang bermain di situ. Tujuan saya, adalah untuk bersilaturahmi, sekaligus membawakan paket buku buat adik kandung saya di kampung. Sebagai kenang-kenangan juga, saya membawakan 4 eksemplar buku buat adik-adik di kos itu secara cuma-cuma.

Saya pergi usai salat Maghrib. Tak lama kemudian, saya pun tiba di kosnya. Saya pun disambut oleh mereka dengan hati gembira. Ada banyak cerita yang mereka utarakan di malam itu. Saya terus menyimak uraian mereka. Ada juga cerita humor, sehingga mengundang ketawa banyak orang.

Saya juga sedikit memberikan “wejangan” kepada mereka. Tentu, sebagai anak rantau, senior seolah sudah menjadi orang tua bagi para junior. Mau tidak mau, “tugas” ini harus diemban. Motivasi demi motivasi saya berikan, agar mereka terus belajar dan belajar.

Jauh dari keluarga dan orang tua, bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada saja berbagai cobaan dan permasalahan. Apalagi jika hal demikian baru pertama kali dialami. Bahkan, yang sudah lama merantau pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, saling mengingatkan dan mengunjungi satu sama lain adalah suatu hal yang mestinya harus dibiasakan. Mengingatkan di antara sesama, merupakan suatu kewajiban kita semua.

Begitu banyak inspirasi yang saya dapatkan dari mereka itu. Mereka juga mengajarkan saya bagaimana indahnya kebersamaan. Mereka memberikan pelajaran yang begitu berharga bagi saya, bahwa hidup itu akan indah manakala dijalani dengan penuh keikhlasan.

Saya melihat bagaimana keceriaan mereka ketika berkumpul, saling bercerita dan bertukar pengalaman (informasi). Sungguh indah dipandang. Mereka begitu menikmati kebersamaan, meskipun hanya sesaat itu. Dan, itu dapat menginspirasi, khususnya bagi saya sendiri.

Agar pertemuan sesaat dengan adik-adik itu membekas dan bisa diingat di kemudian hari, makanya saya mencoba mengabadikan dalam bentuk sebuah tulisan. Itulah mengapa lahirnya tulisan yang sangat sederhana ini. Ya, itu adalah salah satu inspirasi malam senin yang saya peroleh dari mereka.

Wallahu a’lam.
Share This :