Tak Ada Yang Abadi

Tak Ada Yang Abadi
Tak Ada Yang Abadi
Oleh: Gunawan

Hidup kita di dunia ini, hanyalah sementara. Dunia ini, tidak lain sebagai tempat kita istirahat menuju ke alam yang abadi, yaitu Akhirat. Besok atau lusa, bahkan detik ini juga, tidak ada yang tahu, bisa saja kita dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Semuanya akan kembali kepada-Nya.

Harta yang berlimpah, tak akan berarti bilamana kita telah dipanggil oleh-Nya. Rumah yang bertingkat bak hotel, dan lain-lain, semuanya tidak berarti bila nafas sudah tidak lagi berhembus. Keluarga, teman-teman, dan orang di sekitar kita tidak akan bisa menemani kita di alam kubur. Yang bisa menemani kita nantinya, hanyalah amal kita ketika masih hidup di dunia.

Hari ini, mungkin kita boleh merasa diri paling gagah, cantik. Tapi, cobalah terus bercermin, seiring dengan bertambahnya umur kita, maka wajah kita semakin berkeriput. Artinya, bahwa diri kita semakin dekat dengan yang namanya kematian. Semuanya tidak ada yang abadi.

Oleh karena itu, tugas kita sebelum menghadap-Nya adalah memperbanyak amal shaleh. Perbaiki ibadah kita (bila dirasa belum baik) dan juga akhlak kita. Bukan sebaliknya, malah memperbanyak dosa dan kesalahan (baca: berbuat berbagai kemaksiatan). Semoga kita senantiasa selalu istiqamah dalam beribadah kepada-Nya. Aamiin.

Wallahu a’lam.


Share This :