Awal Mula-ku Tertarik di Dunia Menulis (Sepenggal Cerita)

Awal Mula-ku Tertarik di Dunia Menulis (Sepenggal Cerita)


Awal Mula-ku Tertarik di Dunia Menulis (Sepenggal Cerita)

Oleh: Gunawan


Sebagai seorang mahasiswa tentu yang menjadi salah satu tugas utamanya adalah belajar. Tak terkecuali belajar dari alam dan lingkungan sekitar. Dunia mahasiswa, tentunya berbeda dengan masa-masa sekolah. Karena mahasiswa memikul tugas dan amanah yang sangat berat. Akhir tahun 2008 saya terpilih sebagai salah satu TIM Pembuat Soal Lomba Matematika Pelajar se-SulSelBar. Pada saat itu pula saya mulai tertarik mengoleksi beberapa buku terutama yang berkaitan dengan matematika dan pendidikan. Buku pertama yang saya beli waktu itu adalah buku “Matematika Praktis Ala Om Son”. Yang menarik dari buku tersebut menurut saya di samping isinya juga penulisnya. Penulisnya adalah dari jurusan teknik.

Dari situlah saya mulai berkontemplasi bagaimana bisa orang yang notabenenya jurusan teknik mampu menulis buku matematika? Sementara saya sendiri yang jurusan matematika tidak mampu menulis buku matematika. Yaa, walaupun pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan untuk menulis. Buktinya ketika mulai masuk SD/TK, pelajaran utamanya selain membaca dan berhitung adalah juga menulis. Dan pada dasarnya juga setiap manusia yang hidup di dunia ini, sadar atau tidak sadar sebenarnya kita telah dan tengah menuliskan rangkaian perjalanan hidup kita detik demi detik yang nantinya kita sendiri yang akan membacanya di Hari Akhirat kelak.

Kembali ke Laptop…hehehe. Oww ya, karena saya bergabung di MATRIX SC UIN Alauddin Makassar yang merupakan lembaga yang bergerak untuk mengembangkan dan mencerahkan dunia matematika, khususnya kepada para mahasiswa pencinta matematika maka saya akan mencoba mengupas bagaimana awal saya tertarik untuk memulai menulis dalam bentuk buku. Di mana salah satu program rutinitas tahunan dari lembaga tersebut adalah melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah. Istilah kerennya adalah goes to school.

Program tersebut di samping bertujuan untuk mentransformasikan ilmu yang didapatkan di kampus, dan juga untuk mengukur skill para anggota khususnya dalam mengajarkan ilmunya kepada para siswa. Tentu sebagai seorang pengajar harus menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada para siswa.

Dari situlah, saya mulai berpikir untuk menulis sebuah buku minimal bisa menjadi rujukan bagi sahabat-sahabat di lembaga tersebut ketika setiap mau mengadakan goes to school. Akhirnya, pada awal tahun 2011 saya mulai fokus untuk menulis sebuah buku matematika khususnya untuk siswa SMA. 

Wallahu a'lam. 

Ditulis pada hari Jum'at, 13 Januari 2017  


Share This :