Positive and Negative Thinking

Positive and Negative Thinking

Oleh: Gunawan


Dalam menghadapi berbagai problem hidup, orang bisa berbeda. Tergantung pribadi masing-masing. Banyak orang yang menghadapi berbagai persoalan hidup dengan berpikir positif (positive thinking). Namun, tidak sedikit juga orang yang berpikir negatif (negative thinking) ketika berhadapan dengan berbagai problem hidup.

Bila dihadapi dengan pikiran yang positif, barangkali tidak menjadi masalah. Artinya, ia akan berusaha semaksimal mungkin supaya bisa memecahkan persoalan tersebut. Namun, tidak demikian bila seseorang menghadapi suatu masalah dengan selalu diliputi pikiran negatif. Bukan solusi yang diperoleh, akan tetapi justru memunculkan masalah baru.

Sejatinya, seseorang bila diperhadapkan dengan berbagai permasalahan dalam hidupnya, mestinya ia harus tetap berpikir positif. Karena dengan demikian, permasalahan yang dihadapi insya Allah bisa menemukan solusi atau jalan keluarnya.

Orang yang diliputi dengan negative thinking, bisa berakibat fatal pada dirinya, misalnya efek terhadap psikisnya. Akibatnya, timbul semacam kegalauan, keresahan, kegelisahan, dan lain-lain. Dari galau bisa menjadi kacau, dari resah bisa menjadi rusuh. Inilah efek bilamana kita selalu diliputi pikiran negatif.

Perlu diingat, bahwa pikiran kita bisa menentukan apa yang kita lakukan. Bila kita selalu berpikir positif maka tindakan kita akan bermuara ke hal yang positif. Sebaliknya, bila pikiran kita selalu negatif maka tindakan kita bisa saja sesuai dengan apa yang kita pikirkan, yaitu berbuat yang negatif.

Wallahu a’lam.


Share This :