Menulis, Mensyukuri Nikmat Tuhan

Menulis, Mensyukuri Nikmat Tuhan
Oleh: Gunawan


Menulis, bukan sekadar merangkai kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan seterusnya. Menulis juga bukan hanya mengungkapkan isi hati dan pikiran semata, tanpa mengandung makna yang jelas. Namun, lebih dari itu. Ya, menulis itu merupakan salah satu jalan kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Menulis adalah salah satu cara mensyukuri atas berbagai nikmat yang diberikan oleh-Nya.

Menuangkan berbagai ide, gagasan, pengetahuan dan/atau pengalaman, dan kemudian disebarluaskan untuk dikonsumsi oleh orang lain, merupakan bentuk terima kasih kita kepada Sang Khalik. Dengan menulis, setidaknya kita mampu merenungkan berbagai ciptaan Tuhan dan kebesaran-Nya. Sehingga kita semakin sadar bahwa kita ini hanyalah makhluk ciptaan-Nya yang awalnya tak memiliki apa-apa dan tak tahu apa-apa.  Ya, menuliskan kembali berbagai pengetahuan yang dititipkan oleh-Nya merupakan salah satu bentuk ibadah dan penghambaan kita kepada Sang Kuasa.

Demikian juga dengan saya pribadi. Menulis merupakan salah satu cara saya untuk mensyukuri atas beragam nikmat dari-Nya. Saya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengabadikan setiap ilmu dan pengetahuan yang saya ketahui. Berbagai cerita atau kisah hidup, saya tetap menuliskannya untuk kemudian saya sebarkan minimal di media sosial.

Saya tidak terlalu memikirkan apakah tulisan-tulisan yang saya sebarkan di media sosial atau melalui buku yang saya terbitkan dihargai atau dibaca oleh orang lain. Syukurlah jika ada yang membaca, terlebih memunculkan spirit bagi orang lain untuk mengubah diri menjadi lebih baik, dan juga mau ikut menulis. Namun, setidaknya saya sangat bersyukur karena masih bisa berterima kasih kepada-Nya atas apa yang saya nikmati setiap hari. Tanpa-Nya, saya bukan apa-apa. Tanpa-Nya, saya bukan siapa-siapa. Oleh karena itu, sekali lagi, saya wajib bersyukur kepada-Nya. Dan wujud rasa syukur tersebut, salah satunya lewat tulisan yang saya tulis.

Kini, saya telah menelurkan 9 buku, baik karya solo maupun antologi. Buku saya yang terbaru adalah “FROM NOTHING TO SOMETHING, Menggapai Mimpi Menjadi Seorang Penulis.” Semoga saya tetap konsisten untuk belajar dan terus berbagi lewat tulisan hingga napas tak lagi bisa menghembus.

Perlu kita ketahui, bahwa diberikan-Nya bermacam pengetahuan, tentu ini semua tidak hanya untuk dinikmati oleh seorang diri. Orang lain juga berhak mengetahui atas apa yang kita ketahui. Tak akan bermanfaat pengetahuan dan ilmu yang kita punya, manakala hanya dinikmati oleh seorang diri. Tidak akan bernilai apa-apa setumpuk pengetahuan di benak kita, jikalau tidak disebarluaskan.

Sederhananya berbagai ide, wawasan, pengetahuan, dan/atau pengalaman yang ada dalam diri, akan sangat bernilai guna bila kita mau berbagi kepada orang lain. Punya ilmu, silakan berbagi kepada sesama, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Punya cerita dan pengalaman inspiratif, silakan dibagi kepada orang-orang di sekitar. Menulis adalah cara efektif untuk mengabadikan sekaligus menyebarkan itu semua. Menulis dan menyebarkan berbagai pengetahuan dan/atau pengalaman melalui tulisan merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan.

Wallahu a’lam.
Share This :