Spirit Belajar dan Berbagi

Spirit Belajar dan Berbagi
Oleh: Gunawan


Saya sungguh kagum dengan para orang tua yang tak pernah berhenti untuk belajar. Beliau-beliau terus belajar dan menghiasi diri dengan berbagai ilmu dan pengetahuan. Spiritnya sungguh luar biasa. Semangatnya tak pernah pudar. Kita bisa lihat, misalnya, yang melanjutkan studi di perguruan tinggi, khususnya di Pascasarjana. Tak sedikit orang tua yang umurnya di atas 40 tahun.

Demikian juga di beberapa komunitas menulis. Ambil contoh sederhana, misalnya di komunitas Aku Bisa Menulis (ABM) dan Sahabat Pena Nusantara (SPN). Dua komunitas ini, ada banyak orang tua yang memiliki semangat tinggi dalam mengabadikan dirinya lewat tulisan. Semangat belajar dan berbaginya tentu wajib ditiru. Saya sendiri banyak belajar dari beliau-beliau ini. Terlebih sikapnya yang begitu ramah, adem, dan rendah hati.

Ilmu dan pengetahuan beliau tentu tak diragukan lagi, namun tak pernah berhenti belajar. Inilah sejatinya orang yang paham akan pentingnya ilmu dan pengetahuan. Beliau-beliau paham betul, bahwa belajar itu sepanjang hayat. Usia yang semakin menua bukanlah alasan untuk berhenti belajar.

Tak hanya spiritnya dalam belajar, berbagi adalah bagian dari hidupnya. Itulah yang saya lihat dan amati sendiri, khususnya di dua komunitas menulis tersebut (ABM dan SPN). Beliau-beliau akan berusaha semaksimal mungkin untuk berbagi kepada siapa pun yang membutuhkannya, apalagi yang berhubungan dengan ilmu dan pengetahuan. Baginya, memberi dan membantu sesama adalah hal yang utama dan harus ditunaikan. Kurang lebih seperti itu yang saya ketahui.

Wallahu a’lam.
Share This :