Menanti Kopdar V SPN

Menanti Kopdar V SPN
Oleh: Gunawan


Saya bergabung di SPN sejak Kamis, 30 Maret 2017. Artinya, kurang lebih tujuh bulan umur saya di komunitas tersebut. Saya betul-betul merasakan suasana yang begitu hidup. Saling menginspirasi, memovitasi dan memberikan semangat satu sama lain adalah beberapa hal yang saya temui dan dapatkan di komunitas yang begitu sejuk ini. Meskipun ruang geraknya masih sebatas via WhatsApp, namun bagi saya pribadi seolah berada di dunia nyata, tanpa sekat.

Selain saling berbagi inspirasi, cerita, pengalaman, pemikiran, gagasan dan/atau pengetahuan melalui tulisan di Grup WhatsApp, SPN juga menggelar pertemuan secara langsung dan rutin sekali dalam enam bulan. Istilah kerennya, adalah Kopdar (Kopi darat). Semenjak dibentuknya, komunitas yang berisi para penulis yang begitu produktif dan inspiratif ini sudah menggelar Kopdar sebanyak 4 kali. Dari Kopdar I, II, III, dan IV berturut-turut dilaksanakan di Ponpes An Nur 1 Bululawang Malang, Wisma Sargede Yogyakarta, PP Darul Istiqomah Bondowoso, dan ITS Surabaya. Kini, Kopdar kelimanya kembali digelar di Kota Pahlawan, tepatnya di UNESA, Surabaya.

Kopdar kali ini merupakan Kopdar kedua yang saya ikuti, setelah di ITS Surabaya, 21 Mei 2017 lalu. Meskipun saya adalah anggota baru di komunitas tersebut, saya tetap berusaha agar bisa menghadiri pertemuan yang diselenggarakan dua kali setahun tersebut. Berbagai persiapan saya lakukan. Yang utama adalah saya harus mampu menulis dan menerbitkan buku karya mandiri. Target demikian berhasil saya wujudkan.

Buku mandiri saya yang berjudul “FROM NOTHING TO SOMETHING, Menggapai Mimpi Menjadi Seorang Penulis,” nantinya akan di-launching di Kopdar V seperti yang dimaksud. Pastinya bersama dengan karya tulis Sahabat Pena Nusantara (SPN) lainnya. Akan ada puluhan penulis yang akan me-launching buku karyanya nanti.

Sungguh saya tak sabar menanti pertemuan kali ini. Bagi saya, ini adalah kesempatan emas. Sebab, ini adalah momen untuk menyapa dan bertemu langsung dengan para penulis militan, khususnya yang bergabung di SPN. Semoga tak ada hambatan, sehingga nantinya saya betul-betul bisa hadir pada acara yang dimaksud.

Wallahu a’lam.
Share This :