Manfaatkan Laptop Anda untuk Menulis

Manfaatkan Laptop Anda untuk Menulis
Oleh: Gunawan


Zaman sekarang, peralatan menulis tidak terlalu susah ditemukan. Beda dengan zaman dahulu. Dahulu, orang menulis, masih sebatas menggunakan cat sebagai tinta dan balok kayu sebagai pengganti kertasnya, memanfaatkan pahat untuk mengukir dan/atau menulis pada batu atau kayu. Baru kemudian muncul kertas-kertas dan pulpen/pensil, sehingga sedikit memudahkan untuk menulis. Setelahnya, muncul lagi mesin ketik.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini terciptalah yang namanya komputer, laptop, dan lainnya. Sehingga, keperluan untuk menulis semakin bagus dan canggih. Dengan adanya teknologi baru ini, orang semakin mudah untuk menuangkan ide atau gagasannya.

Bila orang-orang pada zaman dahulu bisa menghasilkan berpuluh-puluh karya tulis, bahkan ada juga yang jumlahnya ratusan. Seharusnya, kita yang hidup di era teknologi modern sekarang ini bisa lebih dari itu. Atau, minimal sama dengan karya-karya beliau-beliau pada zaman dahulu.

Punya laptop atau komputer, sayang rasanya bila tidak dipergunakan untuk menuliskan sesuatu. Sayang kalau hanya digunakan untuk memutar lagu, dan sekadar menonton film semata. Cobalah Anda manfaatkan untuk menulis dan menelurkan karya tulis. Sehingga kegunaannya jauh lebih besar, ketimbang hanya digunakan untuk menonton film Korea, Thailand, Hollywood, Bollywood, dan lain-lain.

Mari kita manfaatkan laptop atau komputer kita untuk menulis. Bila perlu, targetkan untuk bisa menghasilkan minimal satu buku selama Anda punya laptop atau komputer. Lebih banyak karya tulis yang dihasilkan, itu jauh lebih bagus lagi.

Kurangi waktu Anda untuk hanya sekadar menonton film di laptop/komputer yang Anda punya. Pergunakan dan bersegeralah untuk menulis mulai dari sekarang juga. Bila saya dahulu sebelum punya laptop pribadi mampu menelurkan dan/atau menerbitkan dua buku (karya sendiri), maka saya yakin Anda juga pasti bisa melakukannya. Barangkali juga bisa lebih dari itu, sebab Anda sudah punya laptop masing-masing.

Wallahu a’lam.

Share This :