Jangan Lupa Bersyukur

Jangan Lupa Bersyukur


Oleh: Gunawan
Setiap insan memiliki keunikan masing-masing. Boleh jadi yang dimiliki oleh si A tidak dimiliki oleh si B. Boleh jadi juga yang dipunyai oleh si B tidak dipunyai oleh si C. Bisa jadi si B jago di bidang X, namun tak pandai di segmen Y, pun sebaliknya. Sebab, masing-masing diri kita punya kelebihan sekaligus kekurangan.

Itulah mengapa manusia tak bisa hidup sendiri. Saya meyakini, bahwa tak satu pun makhluk yang bernama manusia mampu hidup seorang diri. Sudah pasti dalam kesehariannya membutuhkan pertolongan dan bantuan orang lain, walaupun secuil. Percayalah.

Kita boleh saja menolak bantuan atau pertolongan dari orang-orang di sekitar. Tapi, suatu waktu kita pasti membutuhkan uluran tangan mereka. Sebenarnya, setiap hari kita tak luput dari bantuan orang lain. Sadar atau tidak, itu pasti terjadi. Tanpa saya menjelaskannya secara terperinci, kita semua sudah paham akan hal itu, meskipun kita menyanggahnya.

Tugas kita selanjutnya, adalah mensyukuri apa pun yang ada. Apa yang kita miliki sekarang wajib kita syukuri. Potensi dalam diri masing-masing harus kita syukuri. Percayalah, bahwa segala kelebihan, juga kekurangan tiap individu, adalah pemberian dari-Nya. Tuhan telah menciptakan manusia dengan keunikan masing-masing.

Tak perlu iri dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh orang lain. Sebab, sekali lagi, kita mempunyai sesuatu yang mungkin tak dimiliki oleh orang lain. Itulah yang disebut dengan keunikan masing-masing pribadi.

Kita boleh takjub dan terinspirasi dengan seabrek kehebatan orang lain. Tak masalah kita mengagumi sosok orang lain yang kita anggap luar biasa dan begitu menginspirasi. Pun, kita boleh mengikuti jejak mereka atau mungkin ingin melebihi segala capaian mereka. Itu sah-sah saja. Tak ada yang melarangnya.

Akan tetapi, sekali lagi, jangan lupa bahwa setiap kita diciptakan oleh-Nya dengan keunikan masing-masing. Kita punya itu. Oleh karenanya, jangan pernah kecewa dan berkecil hati saat melihat kegemilangan dan beragam prestasi yang dicapai orang lain, yang barangkali tak mampu kita raih. Kita tak perlu menyalahkan diri sendiri, apalagi sampai menyalahkan Tuhan. Jangan sampai itu terjadi. Jadilah pribadi yang selalu mensyukuri apa pun yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita. Syukuri itu. Jangan sia-siakan pemberian dari Sang Pencipta.

Wallahu a’lam.
Share This :
avatar

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^

Delete 13 March 2020 at 21:07