Setiap Perbuatan Akan Ada Konsekuensinya

Setiap Perbuatan Akan Ada Konsekuensinya
Oleh: Gunawan


Dalam kehidupan kita sehari-hari, saya rasa pasti berlaku hukum kausalitas. Ya, hukum sebab akibat akan menyapa dalam segala tindak-tanduk kita. Tak bisa jauh dari ini.

Orang yang berbuat baik, akan menuai hasil perbuatan itu. Orang yang berbuat jahat, juga akan merasakan akibat dari tindakannya itu. Semua ada konsekuensinya. Ini sudah pasti berlaku. Tidak percaya? Silakan dibuktikan sendiri.

Seseorang yang taat beribadah kepada Tuhan, setidaknya akan merasakan kenikmatan dari hasil ibadahnya itu. Mungkin batinnya akan tenang, hidup penuh bahagia, tetap bersyukur atas berbagai karunia dari-Nya, dan/atau lainnya.

Seseorang yang sering membantu orang yang mengalami kesusahan, ia pun akan memanen hasil perbuatan baiknya itu. Boleh jadi hartanya semakin berlimpah, dijauhkan dari mara bahaya. Mungkin juga ia akan dimudahkan dalam segala urusan.

Seorang pelajar yang giat belajar, ia juga akan memetik hasilnya. Yang paling dekat adalah pengetahuan dan wawasannya akan bertambah. Bukan tidak mungkin prestasinya akan terus ia raih. Sebab, hanya pelajar yang giat menimba ilmu dan terus belajarlah yang berpeluang besar mendapatkan predikat sebagai bintang kelas.

Seseorang yang sikapnya santun, murah senyum, dan rendah hati, ia juga akan dihargai oleh orang-orang di sekitarnya. Orang-orang akan segan dengannya. Orang lain akan menghargainya. Kala berbicara, orang akan memerhatikannya dan senantiasa mendengarnya. Meskipun, mungkin ada juga yang tidak menyukainya.

Bermalas-malasan juga, tentu akan berdampak dalam diri sendiri. Bila sering menunda-nunda suatu pekerjaan, meksipun itu adalah sesuatu yang ringan, boleh jadi suatu waktu pekerjaan itu menjadi berat untuk dikerjakan. Dan, jujur, saya sendiri sudah pernah mengalaminya sendiri. Konsekuensinya jelas, yaitu berimbas pada pribadi saya sendiri.

Mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, kurang semangat, juga bisa dilihat kira-kira efek apa yang akan terjadi. Saya rasa kita semua bisa mengetahuinya dan paham dengan semua ini.

Hematnya, apa pun yang kita lakukan pasti ada konsekuensi logisnya. Jika kita berbuat baik dan dengan niat yang baik pula, dampaknya akan kita rasakan. Demikian pula, bila kita salah langkah, maka akibatnya juga kita sendiri yang akan merasakannya.

Wallahu a’lam.
Share This :